Herbal Tanah Impian

 

Custom Search

Kegunaan Cincau Hijau

Cincau HijauCara Murah Memerangi Jantung Koroner, dan Darah Tinggi.

Banyak yang dapat dimanfaatkan dari cincau hijau.

Zat-zat yang terkandung dalam cincau hijau dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuat obat-obatan, di samping digunakan sebagai minuman penyegar.

Tanaman yang bernama latin Cyclea barbata, termasuk dalam suku sirawan-sirawanan (Menispermaceae) ini, daunnya yang mengandung karbohidrat, polifenol, saponin, flavonoida, lemak,  kalsium, fosfor, vitamin A dan B.

Penelitian terhadap cincau untuk mengobati penyakit tekanan darah tinggi, pernah dilakukan di tahun 1966 oleh Prof. Dr. Sardjito, Dr. Rajiman dan Dr. Bambang Suwitho dari Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Pada penelitian itu pasien diberi daun cincau segar sebanyak 5 gram yang digerus dengan 150 cc air matang kemudian diperas. Air perasan itu diberikan kepada pasien untuk diminum dua kali sehari.

Uji coba tersebut dilakukan kepada pasien tekanan darah tinggi dengan usia di atas 40 tahun. Hasilnya pasien mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan. Seorang pasien usia 70 tahun dan tekanan darahnya mencapai 215mm/120mm mengalami penurunan tekanan darah menjadi 160mm/100mm dalam satu bulan setelah mengkonsumsi cincau. Keluhan pusing, sering lelah dan jalan sempoyongan hilang dan berat badan turun.

Selain itu kandungan serat di dalam cincau juga tinggi. Penelitian yang dilakukan oleh Direktorat Gizi Departemen Kesehatan terhadap cincau mengungkapkan terdapat 6,23 gram per 100 gram kandungan serat kasar dalam gel cincau.

Ini berarti bila cincau dikonsumsi bersama dengan buah dan sayur mayur sehari-hari, bisa memadai untuk memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 gram, sehingga dapat membantu memerangi penyakit degeneratif seperti jantung koroner. Sementara itu kalori yang terkandung di dalamnya adalah 122 kalori dan protein sebesar 6 gram.

Untuk membuat daun cincau hijau menjadi minuman segar dengan bermacam kegunaannya, caranya sangat mudah. Daun-daun cincau tersebut cukup dicuci bersih, diremas-remas sampai lumat, ditambah sedikit air dan cairan kental yang keluar disaring.

Kegunaan Cincau Hijau, antara lain :

  1. Panas Perut, Tekanan Darah Tinggi. Sediakan 20 helai daun cincau hijau, lalu dicuci bersih, setelah itu diremas-remas, dan beri 1 gelas air minum dingin, kemudian disaring dengan kain. Tambahkan jeruk nipis sesuai selera. Biarkan di tempat dingin sampai menjadi agar-agar. Taruh di dalam gelas dan beri madu, atau pemanis lainnya.
  2. Disentri. Buat ramuan seperti telah disebutkan pada nomor satu. Minum selama seminggu berturut-turut.
  3. Sariawan. Lakukan dengan ramuan seperti yang telah disebutkan pada nomor satu, dan minum selama 5 – 7 hari berturut-turut.
  4. Bisul. Sediakan daun cincau hijau secukupnya. Cuci bersih kemudian dilumatkan, dan ditempelkan ke bagian yang bernanah. Ini berkhasiat untuk mengeluarkan nanahnya.
  5. Demam. Ambil rimpang tanaman cincau, cuci bersih kemudian diiris halus. Rebus dengan air secukupnya. Minum ramuan tersebut setelah matang. Bisa juga rimpang tersebut diseduh dengan air panas secukupnya kemudian diminum.

Mengkonsumsi Cincau dengan teratur, bisa membantu menyembuhkan radang lambung, demam, dan tekanan darah tinggi.

Bila ingin sekedar menikmatinya sebagai minuman segar, setelah menjadi gel dicampur dengan santan dan es batu. Santannya tentu dibikin beraroma, dengan merebusnya bersama gula, daun pandan dan garam secukupnya.

Sumber : Berbagai Sumber di Internet sebagai referensi (Situs Online Google, Wikipedia, Facebook, Blogspot, Wordpress, Kompasiana, dlsb)

Perlu Dicamkan :
Tumbuhan / Hewan yang disarankan, hanya Tumbuhan Lokal / Hewan Lokal. Hal ini mengingat kandungan Tanaman Lokal / Hewan Lokal yang tumbuh dan hidup di tanah Nusantara yang kaya dengan mineral ini, sangat berpengaruh pada kandungan Tumbuhan / Hewan itu sendiri.

Ingat, betapa Ikan Salmon Atlantik begitu dicari oleh orang-orang yang menginginkan kesehatan bagi matanya.

Anjing adalah khewan piaraan Angling Dharma

Anjing adalah salah khewan piaraan Angling Dharma, selain Kuda, Gajah, Soang, dan Merpati. Hal ini dikarenakan, Anjing adalah khewan yang paling gigih, kuat instingnya, dan punya komitmen, serta memiliki pamor yang tinggi. Hal ini diperkuat pada Simbol siklus pasaran dalam Kalender Jawa, yakni Pahing digambarkan bahwa Anjing dijadikan binatang piaraan kala itu.

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Javanese_week.jpg

 

 

 

Anjing Kintamani - Anjing Ras Asli Indonesia

Anjing Kintamani Ras Asli IndonesiaAnjing diduga hewan yang pertama kali dipelihara lantaran fosilnya ditemukan bersama fosil manusia.

Read more ...

Cari Obat Yg Cocok...

Wajah Asli Indonesia

Who's Online

We have 46 guests and no members online

free counters